Selasa, 01 November 2016

Imbangi Daging Kambing Dengan Sayuran


Ahli penyakit dalam dari RS. Cipto Mangunkusumo Dr Ari F Sam mengajak masyarakat banyak mengkonsumsi sayur dan buah untuk mengimbangi efek samping dari makan daging kurban berlebihan. Jangan lupa imbangi banyak makan buah dan sayur unguk mengurangi efek samping dari makan daging berlebihan. Sayur dan buah-buahan akan megurangi serapan kolesterol di usus halus.

Daging kambing termasuk juga daging sapi yang menjadi santapan utama pada Hari Raya Idul Adha, Daging kambing juga sangat nikmat sekali jika disantap bersama sama dengan teman atau kerabat, perlu diketahui bahwa daging sapi atau kambing mengandung zat gizi yang memang kita butuhkan tetapi kalau jumlahnya berlebihan akan mengganggu kesehatan. Daging kambing dan daging sapi masuk kelompok daging merah yang banyak mengandung lemak. Lemak hewani biasanya mengandung lemak jenuh.

Lemak jenuh ini banyak mengandung LDL lemak jahat yang bisa menumpuk pada dinding pembuluh darah baik pembluh darah otak dan pembuluh darah jantung. Selain lemak, daging kambing juga mengandung protein hewani. Protein dibutuhkan untuk menggantikan sel-sel yang rusak dan sebagai zat pembangun jadi daging tetap penting karena mengandung protein tinggi yang penting jangan dikonsumsi berlebihan.

Dampak langsung akibat konsumsi daging kambing berlebihan adalah sembelit. Kalau kebetulan mempunyai penyakit GERD atau penyakit yang mana asam atau isi lambung balik arak ke atas maka GERD nya akan bertambah parah setelah mengonsumsi daging kambing berlebihan. Belum lagi efek jangka panjang berupa peningkatan kadar lemak dan kolesterol darah.

Selama ini banyak beredar dimasyarakat mengenai mitos daging kambing yang bisa meningkatkan tensi darah, padahal harus dilihat dulu apa penyebab turunya tekanan darah rendah. Jika konsumsi daging kambing yang berlebihan justru akan fatal dan memperburuk keadaan. Tekanan darah rendah bisa disebbkan oleh berbagai hal seperti perdarahan, kurang minum sampai dehidrasi karena berbagai sebab kelelahan atau kurang tidur.

Untuk itu solusi yang tepat dalam meningkati daging kambing dan daging sapi harus diimbangi dengan mengkonsumsi buah dan sayur, serta jangan berlebihan saat mengkonsumsi daging kaming maupun sapi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar