Senin, 28 November 2016

Khasiat Dan Manfaat Tanaman Adas

 
Tanaman adas atau Foeniculum Vulgare Miller merupakan tanaman yang memiliki jutaan manfaat yang telah banyak digunakan sebagai obat-obatan seperti herbal, dan juga dimanfaatkan untuk bumbu masak. Tanaman ini ternyata berasal dari Mediterania dan Eropa Selatan, dan ternyata telah menjadi komoditi ekspor yang cukup banyak dicari.
 
Tanaman adas di Indonesia sediri memiliki banyak nama di daerah daerah yang tersebar di Indonesia, diantaranya adalah tanaman manih di Minangkabau, hades di sunda, adas landi Jawa , dan Pedas di Aceh, Adase di Bugis, Papaato di Boul dan masih banyak alinnya. 
 
Ciri Ciri Tanaman Adas
  • Ada beberapa ciri tanaman adas yang bisa lihat, dan berikut ini ciri ciri dari tanaman adas :
  • Tanaman ini memiliki bentuk daun yang menyerupai jarum dan terdapat seludang yang berwarna putih
  • Tanaman ini memiliki buah dengan ukuran agak kecil yang berbentuk lonjong dan jika masih muda buah ini berwarna hijau
  • Tanaman ini juga memiliki bunga yang berbentuk seperti payung dengan mahkota bunga diatasnya yang berwarna kuning
  • Batang pada tanaman ini berwarna hijau kebiruan yang beruas, berlubang, beralur dan dapat mengeluarkan aroma wangi pada saat di memarkan.
  • Wangi yang dihadirkan dari batang tanaman adas ini berasal dari kandungan minyak asiri di dalamnya.
 
 
Buah Biji Tanaman Adas
Tanaman adas yang digunakan untuk pengobatan adalah biji buahnya. Buah adas ini berbentuk bijikering dan longjong, berusuk dengan panjang antara 6 hingga 10 mm serta memiliki lebar 3 – 4 mm. Biji buah tanaman adas ini berwarna hijau untuk yang masih muda, dan coklat tua untuk buah yang sudah tua. Sebenarnya warna buah adas realatif, ini di pengaruhi juga dari asal tanaman adas tersebut berasal.
 
 
Khasiat Buah Biji Ranaman Adas
Biji buah ada ternyata memiliki banyak manfaatnya untuk pengobatan maupun untuk kesehatan tubuh kita. Berikut ini manfaat dari biji buah tanaman adas :
 
1. Menghilangkan dingin
 
2. pereda rasa nyeri sendi
 
3. menurunkan kadar asam urat tinggi
 
4. Menahan rasa mulas
 
5. pelega perut
 
6. penambah rasa alami
 
7. mengatasi batuk dan
 
8. sariawan mulut.
 
 
Cara Membuat Herbal Buah Biji Tanaman Adas
Ada cara untuk meracik buah biji tanaman adas untuk pengobatan atau untuk herbal. Berikut ini cara meraciknya : sediakan 3-9 gram buah adas kering direbus dengan 3 gelas air hingga tersisa 1 gelas. Atau digililing halus, diseduh dengan secangkir air panas lalu diminum hangat-hangat 1 – 2 kali sehari

Tidak ada komentar:

Posting Komentar