Jumat, 02 Desember 2016

Manfaat Buah Anggur Untuk Kesehatan

 
Anggur merupakan tanaman buah berupa tanaman yang merambat, anggur ini termasuk dalam keluarga tanaman vitaceae. Buah anggur banyak digunakan untuk bahan pembuat jus anggur, jelly, minuman anggur, minyak biji anggur dan kismis, atau juga bisa digunakan untuk bauh pencuci mulut. Buah anggur memiliki kandungan banyak senyawa polifenol dan resveratol yang berperan aktif dalam berbagai metablisme tubuh, buah anggur juga berperan dapat mencegah terbentuknya sel kanker dan berbagai macam penyakit lainnya. Menghilangkan lemak pada ginjal dan bagian tubuh yang lain. Kandungan tanin di dalamnya mampu menyerang virus. Kandungan flavonoidnya sebagai antioksidan dan mencegah atheroclerosis, mengandung zat besi, mencegah konsitipasi, membersihkan hati, membantu melancarkan fungsi ginjal, membantu pembentukan darah, menonaktifkan virus dan menurunkan kolesterol.
 
Buah anggur membiliki berbagai macam jenis, tetapi buah anggur yang ada di Indonesia yang paling banyak kita jumpai adalah jenis buah anggur hijau dan anggur merah. Buah anggur dikenal memiliki banyak manfaatnya untuk kesehatan kita karena kaya akan antioksidan vitamin A, C, E, B1 B6.
 
Buah anggur dapat dikonsumsi secarang langsung atau bisa juga di buat jus. Ada beberapa manfaat mengkonsumsi anggur ini untuk kesehatan tubuh kita, berikut ini beberapa manfaat dari pada anggur untuk kesehatan tubuh kita :
 
1. Menjaga Kesehatan Jantung
Buah anggur memiliki khasiat yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan jantung. Kandungan yang dimeiliki buah anggur senyawa fenol memiliki sifat antioksidan yang begitu kuat. Senyawa resveratrol yang didalam buah anggur hitam dan anggur merah membantu menurunkan resiko terkena penyakit jantung koroner. Selain itu ada lagi senyawa saponin yang ada didalam buah anggur yang bermanfaat menghambat penyerapan kolesterol dalam darah.
 
2. Mencegah Penyakit Kanker
Kandungan antioksidan, senyawa petrostilbene, acutimissin A, resveratrol, asam elagik yang cukup tinggi pada buah anggur dipercaya bermanfaat untuk menghambat pertumbuhan sel-sel kanker.
 
3. Menjaga Kekebalan Daya Tahan Tubuh
Kandungan Antivirus dan antibakteri yang ada di buah anggur dapat mengingkatkan daya tahan tubuh
 
4. Sumber Gula Darah Yang Baik
Tidak semu buah memiliki regulasi gula darah, seperti yang terdapat di dalam manfaat buah semangka memiliki kadar glikemik yang cukup tinggi sekitar 70-75, yang tidak terlalu cocok untuk dimakan orang yang memiliki masalah keseimbangan gula darah. Pada buah anggur hanya tersaji sekitar 43-53 kadar glikemik yang menunjukkan kadar glikemik yang rendah. Pada studi yang dikembangkan saat ini, keseimbangan gula darah yang baik ini berkaitan dengan kandungan phytonutrisi di dalam anggur.
 
5. Menyembukan Sembelit
Sembelit atau istilah medisnya konstipasi adalah kondisi dimana sistem pencernaan manusia tidak dapat mengolah unsur makanan yang mengandung serat berlebih atau memiliki partikel substansi yang sulit dihancurkan sehingga zat sisa yang semestinya dikeluarkan menjadi tidak ada.
 
6. Manfaat Kognitif
Buah anggur yang dikonsumsi sebagai asupan jus anggur oleh manusia, memberikan manfaat dalam mengoptimalkan kekuatan kognitif. Pada sebuah peneitian Concord terhadap konsumsi harian jus anggur sebanyak 1-2 minggu sekitar beberapa bulan, menunjukkan peningkatan nilai pada peserta penelitian di California Verbal Learning Test tersebut.
 
7. Mencegah Kanker Kulit
Pada banyak penelitian, zat resveratrol menunjukkan pengaruh positif terhadap perkembangan sel kanker. Resveratrol memberikan perlindungan pada kulit dari kerusakan sinar UVB dari matahari, sehingga memberikan perlawanan terhadap kanker kulit.
 
8. Melembabkan Kulit Di wajah
Buah anggur iris menjadi dua buah bagian, kemudian oleskan pada wajah dan diamkan lima belas menit. Gunakanlah secara rutin setiap dua kali sehari pagi dan malam sebelum tidur dan rasakanlah manfaat anggur yang memberikan kelembaban alami kulit.
 
Buah anggur dapat juga dibuat minuman jus dan rasana sangat enak sekali, berikut ini tips membuat minuman jus buah anggur, 100 gram buah anggur segar dicuci bersih dan dibuang bijinya lalu diblender bersama 50 cc air matang. Jus ini diminum secara rutin satu gelas sehari setelah makan siang.
 
Anggur adalah salah satu buah dengan kandungan sempurna untuk kesehatan yang memiliki kandungan antioksidan yang baik untuk tubuh manusia. Namun ada beberapa tips bagi anda yang ingin mengkonsumsi anggur, diantaranya sebagai berikut :
  • Pastikan anda tidak mengidap diabetes. Kandungan gula dalam anggur cukup tinggi dan akan menambah parah diabet anda.
  • Pastikan anda mencuci bersih, di khawatirkan anggur di semprot dengan bahan bahan pepstisida yang tidak baik untuk tubuh.
  • Jangan simpan terlalu lama di kulkas, hal ini akan menyebabkan terkontaminasi dengan bakteri lain yang ada di kulkas anda.
 
Segala sesuatu / buah buahan tentu memiliki kelebihan dan kekurangan masing masing, untuk itu, konsumsilah dengan bijak.

1 komentar: